For the Love of Books

Agama

Mematut Matut Wajah Islam Kini

OLEH AMIRUDDIN AL RAHAB
Anggota KOMNAS HAM


| |

heresy
Islam secara sosiologis dan politik adalah kenyataan di Indonesia. Kenyataan itu jauh lebih tua dari negara bangsa yang kini kita kenal sebagai Indonesia. Atau bisa pula dinterpretasikan bahwa dari rahim komunitas Islam itu lah bangsa Indonesia menjelma berdinamika dengan komunitas-komunitas umat beragama lainnya.

Mendiskusikan fenomena perilaku komunitas-komunitas Islam sebagai gejala sosiologis dan politik, perpektif historis itu tidak bisa dikesampingkan. Dengan kata lain, bahwa komunitas-komunitas Islam memiliki berbagai peran dalam rentang sejarah pembentukan negara bangsa Indonesia adalah kenyataan. Namun sejarah juga menunjukan bahwa komunitas Islam yang berperan dalam membentuk Indonesia juga tidak pernah berwajah tunggal.

Ahmad Najib Burhani dalam Heresy and Politics: How Indonesia Islam Deal with Extremism, Pluralism and Populism (2020) menguraikan wajah Islam yang tidak tunggal itu. Ia memotret perubahan perilaku komunitas-komunitas Islam dalam merespon situasi Indonesia hari ini.

Buku ini tidak membentangkan pemikiran yang terkonsolidasi, melainkan percikan pemikiran untuk menangapi munculnya fenomena-fenomena perilaku harian beberapa komunitas Islam yang muncul ke ruang publik terkait politik dewasa ini yang cendrung konservatif dan ekstrem. Sebab, buku ini berisikan tulisan-tulisan pendek, kesaksian-kesaksian Burhani atas tingkah laku komunitas Islam dan elit-elitnya dengan segala wajahnya dalam menyikapi perkembangan sosial-politik di Indonesia. Read More…