For the Love of Books

Sejarah

Sebab Utama Kemunduran Negara-Negara Muslim

OLEH LUTHFI ASSYAUKANIE
Dosen Hubungan Internasional, Universitas Paramadina, Jakarta.

ahmetkuru
Pencarian tentang sebab-sebab kemunduran kaum Muslim adalah tema klasik yang sudah dilontarkan para intelektual dan sarjana sejak akhir abad ke-19. Shakib Arslan (1869-1946) barangkali adalah intelektual pertama yang melempar isu menggugah ini, dalam sebuah bukunya yang terkenal: Limadza ta'akkhara al-muslimun wa limadza taqaddama ghayruhum? (Kenapa kaum Muslim terbelakang dan bangsa-bangsa lainnya maju?).

Arslan, seorang pendukung Pan-Islamisme dan pengagum Jamaluddin al-Afghani dan Abduh, mencoba bicara jujur tetang kemurungan kaumnya. Hampir seluruh tanah Muslim ketika itu berada di bawah penjajahan Eropa. Dari Maroko hingga Aceh, tak ada negara Muslim yang bebas dari cengkeraman kolonialisme.

Arslan heran, kenapa bangsa yang kitab sucinya meneguhkan "sebaik-baik bangsa yang dihadiahkan untuk manusia" (khaira ummatin ukhrijat linnas), berada dalam kegelapan, keterbelakangan, miskin dan jorok? Mengapa kaum Muslim yang pada suatu masa pernah menjalani kejayaan kini mengalami keterpurukan yang luar biasa? Read Moreā€¦